Menyimpan berlian sebagai investasi

Menyimpan berlian sebagai investasi />

23/11/2017

Banyak yang memiliki pendapat kalau berlian adalah teman dekat wanita. Tapi apakah berlian dapat juga jadi teman dekat keuangan anda? Berlian adalah type batu permata yang diketemukan pertama kalinya di India tahun 800 sebelumnya Masehi.

Umumnya, berlian diikat oleh emas, perak, atau platinum untuk jadikan perhiasan beberapa wanita mulai sejak zaman dulu.

Karna harga nya yang mahal, berlian dikatakan sebagai perhiasan yang melambangkan status sosial seorang. Dengan nilai jual kembalinya yang lumayan tinggi, banyak yang pada akhirnya jadikan berlian jadi satu diantara instrument investasi seperti emas.

Bila anda tertarik untuk mulai jadikan berlian jadi teman dekat keuangan anda dengan menginvestasikannya, ada banyak hal yang perlu ada cermati terlebih dulu. Sebelum anda terjun ke dunia investasi berlian, anda mesti lebih dulu memahami mengenai 4C, karna harga satu berlian juga akan dinilai berdasar pada komponen-komponen 4C di bawah ini :

Carat

Carat atau karat adalah nilai ukuran berlian. Makin besar karat satu berlian, jadi makin mahal juga harga nya. Tetapi, karat berlian berlainan dengan perhitungan gr atau karat pada emas. Berarti, bila berlian satu karat dihargai Rp. 100 juta, jadi untuk berlian dua karat harga nya dapat berlipat jadi Rp. 300 juta.

Cutting

Cutting atau bentuk irisa berlian punya pengaruh pada permainan sinar dari berlian, bila ada sinar yang dipantulkan. Cermati segi pembagian rasio pada sisi atas serta sisi bawah, besar “meja” atau sisi atas berlian, dan kerapihan irisannya. Yang perlu untuk di perhatikan adalah lihat irisan dari sisi “pinggang” atau bagian berlian.

Color

Color atau tingkat kebeningan warna berlian juga memengaruhi harga jual satu berlian. Makin bening warna satu berlian, nilai jualnya juga akan makin tinggi. Tingkat kebeningan berlian diikuti dengan huruf D untuk yang tertinggi serta Z untuk yang terendah.

Clarity

Clarity atau kejernihan berlian adalah aspek yg tidak kalah di banding 3C yang lain diatas. Tingkat clarity paling baik, diikuti dengan kode VVS, adalah kejernihan yang begitu baik tidak ada cacat atau goresan apa pun.

Tingkat kebeningan D, E, atau F adalah type berlian yang paling baik untuk nilai investasi. Sebaiknya berlian anda harus mempunyai tingkat kejernihan VVS. Janganlah lupa untuk cermati irisan berlian anda dengan cermat supaya tidak tertipu. Bila anda sangsi, berkonsultasilah pada pakar batu permata. Jika anda tertarik untuk jadikan berlian jadi perhiasan, upayakan supaya desainnya tidak rumit supaya biaya produksi juga jadi lebih murah.

Berlian cuma berwujud keras serta tidak likuid (cair). Jual berlian tidak semudah waktu anda membelinya, serta anda mesti betul-betul mengerti hal itu. Bila anda betul-betul untuk jadikan berlian instrument investasi, anda mesti betul-betul pikirkannya terlebih dulu.